Bidang Usaha Kerajinan

  27 Desember 2017  |  DESA MANGIR

Didalam Bidang Usaha Kerajinan BumDes juga telah membuat sebuah Patrol yang di Beli Oleh Pemerintah Desa Bomo Kecamatan Blimbingsari. adapun Bidang Usaha Kerajinan ini meliputi :

1. Kerajinan Pakaian Seni

Kerajinan Pakaian Seni ini di Koordinatori oleh Bapak Suparto Hadi, yang mana beliau adalah pembuat Basahan Gandrung (Kostum Gandrung). di Banyuwangi ini  yang sangat ahli  membuat basahan gandrung adalah Suparto Hadi yang juga asli warga Mangir. Kerajinan Pakaian Seni ini antara lain Pakaian Gandrung dan Pakaian Tari daerah Banyuwangi. Sedangkan yang membuat Omprog Gandrung (Mahkota Gandrung) adalah Bapak Rajuli. Bapak Rajuli ini memang sudah tua, namun keahliannya dalam membuat Omprog Gandrung tidak bisa dilihat sebelah mata.

2. Kerajinan Alat Musik Daerah

Kerajinan alat musik daerah ini meliputi :

a. Gamelan Angklung

b. Gamelan Patrol

c. Gamelan Gandrung

Kerajian alat musik ini sudah banyak di buat. seperti yang kami sebutkan diatas bahwa Desa Bomo telah membeli/memesan alat musik Angklung di Pemerintah Desa Mangir. Adapun para pelaku pembuat alat musik daerah di Mangir antara lain Bpk. Buang. Bapak Buang adalah Seniman Desa Mangir yang sangat ahli dalam membuat kerajinan Gamelan Angklung. Saudara Mursid yang merupakan keturunan seniman dari Bapak. Rajuli (Kakek) dan Sunardiyanto (Ayah) adalah Seniman yang mahir dalam membuat Kendang.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Mangir adalah Desa Seni, karena di Desa Mangir terdapat para Seniman yang sangat berpengalaman dan sangat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Banyuwangi

 

Contact Details

  Alamat :   JL. SRIKUNTA NO.15 MANGIR - ROGOJAMPI KP : 68264
  Email : kantordesamangir1@gmail.com
  Telp. : -
  Instagram : @desa_seni_mangir
  Facebook : -
  Twitter : -


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi